Suasana Diskusi Dengan Kawan2 MES

Suasana Diskusi Dengan Kawan2 MES

Wednesday, January 27, 2010

KIAT JITU MENDAPATKAN PEKERJAAN IDAMAN


Nama Pengarang : Edwin Solahuddin

Nama Penerbit : Penerbit Exceed

Tahun Penerbitan : 2008

ISBN : 978-979-17250-0-2

“Setiap Orang cepat atau lambat pasti akan berhadapan dengan dua keputusan penting dalam hidupnya. Dua keputusan yang akan berpengaruh terhadap kebahagiaan, kesehatan dan penghasilan mereka. Apakah Kedua keputusan itu? Pertama, pekerjaan yang akan anda pilih. Dan yang kedua, siapa yang akan anda pilih sebagai ibu atau ayah anak-anak anda” (Dale Carnegie).

Kalimat tersebut menjadi awal pembuka buku “Kiat Mendapatkan Pekerjaan Idaman” karya alumnus fakultas ilmu budaya Universitas Gadjah Madja yang bernama Edwin Solahuddin. Menjadi sebuah keinginan yang sangat besar bagi penullis untuk mencoba membantu mereka-meraka yang berusaha mencari pekerjaan pasca lulus sekolah lanjutan atas (SMA) ataupun pasca sarjana. Berbagai fenomena dihadapi oleh penulis melihat realita para pencari kerja tersebut. Mayoritas diantara mereka mengaku tidak tahu pekerjaan apa yang sebenarnya yang mereka ambil padahal sesuai kata Dale Carnegie bahwa pekerjaan adalah salah satu keputusan penting dalam hidup seseorang. Penulis mencoba untuk membagikan beberapa pengalamannya tentang bagaimana sulitnya mencari dan mendapatkan sebuah pekerjaan. Dalam sepanjang sejarah kehidupan penulis, berbagai jenis pekerjaan di bidang intelektual sudah pernah penulis lakoni, mulai dari menulis, menjadi penterjemah, hingga menjadi wartawan di beberapa perusahaan penerbitan.

Karena buku ini merupakan sejarah perjalanan panjang pencarian sebuah pekerjaan dari penulis, maka penyusunan buku ini sangatlah sistematis. Hal ini terbukti, penulis dalam melakukan penyusunan buku ini memulai tulisannya dengan kiat awal yakni mencoba untuk mengarahkan pembaca untuk mengetahui terlebih dahulu minat pembaca terhadap sesuatu. Hal ini sebenarnya akan mempengaruhi keputusan pembaca dalam memilih sebuah pekerjaan. Kemudian kiat-kiat selanjutanya dikemas sedemikian rupa oleh penulis sehingga para pembaca seakan-akan diberikan sebuah jalan yang mendatar, jalan lurus tanpa hambatan sehingga para pembaca mendapatkan pekerjaan yang di idam-idamkan. Bahkan ketika para pembaca tidak mendapatkan pekerjaannya, pada kiat yang terakhir penulis tetap mengarahkan agar pembaca tidak segera putus asa dengan memberikan sebuah solusi alternative yakni menciptakan pekerjaan idaman mereka sendiri.

Dengan menggunakan gaya bahasa yang sering digunakan dalam keseharian, pembaca dengan mudah memahami apa yang menjadi maksud dari penulis, selain itu penulis juga secara detail menjelaskan masing-masing kiat dalam buku ini secara detail sehingga menjadikan buku ini walaupun kecil namun memiliki kelebihan yang sangat komplek. Dalam buku ini pula dicantumkan beberapa alamat web site atau situs-situs informasi bagi para pencari pekerjaan dalam melakukan pencariannya. Bebarapa panduan teknispun tidak lupa diberikan untuk pembaca seperti; contoh Curriculum Vitae, contoh lamaran pekerjaan sampai kiat bagaimana menghadapi masa menunggu penggilan pekerjaan hingga interview dengan calon atasan sehingga menambah keilmuan bagi para pembaca dan menambah rasa percaya diri guna mendapatkan pekerjaan idaman mereka.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, maka buku yang tergolong kecil ini layak dan sangat dibutuhkan oleh para pembaca yang sedang mencari pekerjaan idaman mereka.

No comments:

Post a Comment